3 Lagu Jazz Indonesia Terbaik Tahun 2018

 
 

Mungkin agak telat sih untuk ngobrolin tentang lagu jazz indonesia terbaik di tahun 2018, mengingat tahun 2019 saja sudah mau memasuki bulan kelima. Tapi berhubung untuk bikin versi 2019-nya juga masih tanggung, jadi mohon dimaafkan saja lah. Materi ini sengaja dipilih salah satunya atas pertimbangan kemampuan aliran musik yang memiliki akar musik dari Afrika dan Eropa ini untuk bertahan dari gempuran genre musik dangdut (plus koplo) yang naik daun dalam 2-3 tahun belakangan.

Jazz sendiri berasal dari Amerika Serikat. Aliran ini lahir sekitar akhir abad ke-19 atau awal abad ke-20 dan banyak menggunakan instrumen musik contra bass, guitar bass, piano, trombon, gitar, saksofon, klarinet, trompet, dan biola. Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan juga shuffle note.

Di Indonesia, aliran musik ini masuk pada sekitar tahun 1930-an, melalui para musisi asal Filipina yang mencari nafkah di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Pada saat itu, mereka bermain di Hotel Des Indes Jakarta (sekarang menjadi Duta Merlin Plaza), Hotel Der Nederlander Jakarta (sekarang menjadi gedung pemerintahan), Hotel Savoy Homann Bandung, dan Hotel Oranje (Yamato) Surabaya. Sejak itulah musik ini mulai dikenal dan menyebar luas ke berbagai pelosok daerah. Beberapa musisi jazz Indonesia yang terkenal di antaranya adalah Barry Likumahuwa, Bill Saragih, Dwiki Dharmawan, Ermy Kulit, Elfa Secioria, Indra Lesmana, Monita Tahalea, Tompi, Syaharani, dan Dian Pramana Putra.

Nah, berikut ini adalah 3 lagu jazz Indonesia terbaik yang dirilis di sepanjang tahun 2018 lalu versi LirikLaguIndonesia.Net.

Indah Pada Waktunya (Rizky Febian & Aisyah Aziz)

Lagu jazz indonesia indah pada waktunya

Lagu yang diciptakan oleh Rudi Pohang ini dinyanyikan Rizky Febian, anak dari komedian ternama Sule, berduet dengan Aisyah Aziz, penyanyi asal negara tetangga Singapura. Lirik lagunya bercerita tentang hubungan asmara jarak jauh alias long distance relationship. Walau terpisah oleh jarak dan waktu, pasangan kekasih tersebut berjanji untuk saling setia dan sekaligus mendoakan agar pasangannya di sana baik-baik saja hingga saatnya nanti mereka bisa kembali bersama.

Berikut cuplikan lirik lagunya:

oh Tuhan tolong jaga dirinya di sana
aku di sini kan menunggu
hingga diriku dan dirinya
indah pada waktunya

Harus Bahagia (Yura Yunita)

Harus Bahagia Yura Yunita

Ditulis oleh Yovie Widianto dengan aransemen yang digarap oleh Renaldi Ari, single “Harus Bahagia” ini dirilis pada bulan April tahun lalu. Lirik lagunya berisi ajakan bagi siapa saja agar tidak usah galau untuk urusan hati. Yang masih jomblo atau baru saja putus tidak perlu sedih. Cukup cari pasangan baru yang lebih baik plus lebih keren. Dan yang terpenting, bisa bikin hidup kita bahagia.

Berikut cuplikan lirik lagunya:

punya pacar harus lebih baik
punya pacar harus lebih keren
tapi keren gak cukup
yang paling penting kita harus bahagia

Sudah (Afgan)

Afgan dekade

Diambil dari kantong album “Dekade”, track kedua “Sudah” diciptakan keroyokan oleh Afgan bersama dengan Inu Numata, Simhala Avadana, dan Kitut. Lirik lagunya bercerita tentang seseorang yang cintanya kandas di tengah jalan. Alih-alih larut dalam kegalauan, ia memutuskan untuk berusaha move on dari orang yang ia cintai itu.

Berikut cuplikan lirik lagunya:

sudah kini ku melepaskan
cinta yang dulu ku banggakan
aku sadari semua ini memang bukan salahmu
aku tahu kamu bukan untukku


Apakah satu atau sebagaian pilihan lagu di atas merupakan favorit teman-teman Lirikers juga? Atau mungkin punya gacoan yang lain? Bagikan pendapatnya di kolom komentar di bawah, ya.