Lirik - Tangga Lagu Indonesia: Minggu Ke-1 02/12

 
 

Ada perubahan yang cukup signifikan pada chart tangga lagu Indonesia LirikLaguIndonesia.Net periode minggu ini. Penyebabnya adalah kini kami sudah bisa mendapatkan data yang akurat mengenai lagu-lagu yang paling banyak dicari di situs ini setiap minggunya. Dengan demikian, berikut ini parameter-parameter yang kami gunakan dalam menentukan chart tangga lagu Indonesia, mulai dari prioritas yang tertinggi.

  • Lagu yang banyak dicari dan diminati di LirikLaguIndonesia.Net, berdasarkan jumlah kunjungan tiap minggunya.
  • Jumlah komentar serta rating / voting lagu di LirikLaguIndonesia.Net.
  • Tangga lagu di acara musik Dahsyat (RCTI) dan / atau Inbox (SCTV).
  • Popularitas di social media, berdasarkan jumlah Like dan Share di Facebook serta tweet di Twitter dengan hastag #tanggalagu.

Keempat rule di atas berlaku mulai minggu pertama Februari 2012 alias periode minggu ke-1 02/12 ini. Selain itu, apabila ada dua atau lebih lagu dari satu penyanyi yang sama di dalam chart, maka hanya lagu terbaru yang akan dimasukkan. Untuk algoritma penentuan posisi sendiri masih kami utak-atik untuk mendapatkan kombinasi yang paling optimal hasilnya.

Secara garis besar, proses penentuan tangga lagu Indonesia di LirikLaguIndonesia.Net dimulai dari pembuatan daftar popularitas lagu di situs LirikLaguIndonesia.Net selama satu minggu terakhir. Daftar ini menjadi acuan awal posisi di chart. Selanjutnya, posisi masing-masing lagu mengalami ‘penyesuaian’ berdasarkan jumlah komentar dan rating / voting di situs, posisi di tangga lagu lainnya, serta popularitas di social media.

Nah, dari perhitungan ulang, meski secara besar lagu-lagu yang masuk ke chart tidak berubah, namun ada beberapa yang posisinya jauh berbeda dari minggu sebelumnya. Posisi pertama kini ditempati oleh Coboy Junior dengan single perdana mereka “Kamu“. Generasi muda dari boyband jadul Coboy ini memang sejak awal kehadirannya sudah langsung menghipnotis pecinta musik Indonesia. Bahkan pada saat chart ini dibuat, jumlah komentar di halaman lirik mereka sudah mencapai angka 900 komentar!

Di posisi kedua ada single duet dari Vanessa Angel dan Nicky Tirta, “Indah Cintaku“. Mantan kekasih Dewi Persik ini cukup jeli memilih si cantik Vanessa Angel yang punya suara bagus dan jago bermain gitar sebagai jembatan pemulus jalannya untuk masuk ke dunia musik. Terbukti popularitas mereka di dunia internet selama beberapa bulan terakhir, terutama sejak video klip single tersebut dirilis, terus meningkat.

Bagi penggemar Sammy Simorangkir tidak perlu sedih karena meski hasil perhitungan ulang posisi chart menggusurnya dari posisi jawara, namun eks vokalis Kerispatih ini masih bertahan di posisi ketiga dengan single keduanya, “Kesedihanku“.

Yang perlu diwaspadai adalah single perdana Latinka, “Aku Bisa Mati“, yang semakin hari semakin banyak dicari. Tidak bisa dipungkiri, seringnya Olga menyanyikan lagu tersebut di Dahsyat turut mendongkrak popularitasnya. Bisa saja dalam beberapa periode mendatang ia mampu mencapai posisi puncak.

Single teranyar Nikita Willy, “Maafkan“, yang menjadi soundtrack sinetron terbarunya pun demikian. Meski lagunya belum dirilis secara resmi dan baru bisa disimak sepenggal di iklan sinetron yang bersangkutan, namun sudah banyak orang yang kepincut. Kemungkinan besar, begitu video klipnya dirilis, bakalan langsung melejit popularitasnya.

Selengkapnya, cekidot di halaman Tangga Lagu Indonesia. Dan jangan lupa, dukung terus musik Indonesia, ya!