6 Lagu Ngamen Terbaik Eny Sagita

ngamen_enysagita

Eny Sagita adalah penyanyi sekaligus pemilik orkes dangdut melayu (biasa disingkat OM) Sagita yang cukup terkenal di Indonesia, terlebih di Jawa Timur. Wajar saja mengingat grup ini lahir di Pace, salah satu desa di kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Dalam aksinya, Sagita mengangkat musik jaranan dangdut (jandhut) yang kaya akan nuansa kendang tradisional.

om_sagitaSelain populer dengan jargon "asolole" dan "icik icik ehem", OM Sagita juga dikenal dengan lagu-lagu seri Ngamen-nya yang biasanya dibawakan sendiri oleh Eny Sagita. Kebanyakan lagu Ngamen bercerita tentang kerasnya kehidupan, seperti tentang anak yang hidup di jalanan, buruh pekerja keras, hubungan sosial antar manusia, dan sebagainya. Tema ini membuat lagu-lagu ngamen cukup mudah diterima oleh penggemar musik dangdut koplo, dan bahkan ditiru oleh pesaing-pesaing mereka dengan membubuhkan embel-embel nama "ngamen" di lagu mereka.

Saat ini koleksi lagu ngamen Sagita telah mencapai 16 lagu, mulai dari Ngamen 1 hingga Ngamen 17 (Ngamen 16 entah kenapa tidak dibuat). Nah berikut ini 6 (enam) lagu Ngamen terbaik pilihan LirikLaguIndonesia.Net. Semoga teman-teman juga setuju 🙂

1. Ngamen 1

Asal mula 'legenda' Ngamen menjadikan lagu ini pantas berada di urutan perdana. Lagu ini awalnya berkisah tentang pengalaman seorang pengamen saat sedang mengamen di sebuah bis kota, namun kemudian dilanjutkan dengan cerita beberapa fenomena yang ada di masyarakat yang mengajarkan pada kita untuk tidak menilai sesuatu dari penampilan luarnya saja. Soimah sering membawakan lagu ini saat closing acara Show Imah yang ia pandu di sebuah stasiun televisi swasta.

2. Ngamen 5

Meningkat popularitasnya sejak menjadi salah satu lagu wajib di acara Yuk Keep Smile (YKS) TransTV beberapa waktu lalu, lagu ini bercerita tentang seorang gadis yang bertemu pria yang ia suka. Dan meskipun ia adalah anak jalanan yang tubuhnya penuh tato, namun ia juga paham sopan santun dan punya cita-cita yang tinggi.

3. Ngamen 2

Secara pribadi, ini lagu ngamen terbaik menurut saya, terutama dari segi pesan yang disampaikan. Tidak hanya menyinggung masalah sosial (termasuk bullying) melainkan juga masalah agama. Ingat selalu akan kematian adalah salah satu yang diangkat dalam lirik lagu Ngamen 2 ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *